Selasa, 26 November 2013

Bab 2 Perusahaan dan Lingkungan Perusahaan

1.    Pengertian perusahaan.
       Perusahaan adalah suatu unit kegiatan ekonomi yang diorganisasi dan dijalankan sebagai organisasi produksi yang tujuannya untuk menggunakan dan mengkoordinir sumber-sumber ekonomi dengan tujuan untuk menyediakan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan dengan cara yang menguntungkan.
       Sumber – sumber ekonomi yang dibutuhkan dalam perusahaan akan dirposes menjadi barang dan jasa untuk masyarakat. Dalam rangka proses pemuasan kebutuhan inilah maka perusahaan mengharapkan adanya keuntungan yang diperoleh sebagai imbalan atas jasa yang diberikan perusahaan kepada masyarakat. Dengan demikian, bisa diharapkan jika semakin baik pelayanan kepada masyarakat dan selera mereka maka semakin besar pula laba yang didapatkan oleh perusahaan.

2.    Tempat kedudukan dan letak perusahaan.
         Tempat kedudukan perusahaan adalah kantor pusat perusahaan tersebut. Tempat kedudukan perusahaan pada umumnya dipengaruhi faktor kelancaran hubungan dengan lembaga-lembaga lain. Seperti lembaga pemerintah, lembaga keuangan, pelanggan, dan lainnya.
          Sedangakan letak perusahaan adalah tempat perusahaan melakukan kegiatan fisik atau pabrik. Letak perusahaan dipengaruhi oleh faktor ekonomi dan merupakan salah satu faktor penting yang menunjang efesiensi perusahaan terutama dalam kaitannya dalam biaya.
Jenis-jenis letak perusahaan :
1.    Terikat pada alam.
Pada umumnya, letak perusahaan yang terikat alam karena ketersediaan dan kemudahan alam baku. Perusahaan yang berkaitan dengan bahan-bahan tambang pada umunya terletak di daerah faktor produksi alamnya, seperti perusahaan tambang timah di pulau Bangka, perusahaan pembibitan bunga di Puncak, dan lain-lain.
2.    Terikat sejarah.
Perusahaan menjalankan aktivitasnya di daerah tertentu karena alas an yang hanya dapat dijelaskan berdasarkan sejarah. Contohnya perusahaan Batik banyak terdapat di Yogya karena pada mulanya wanita keraton pada zaman dahulu senang membatik. Kemudian menyebar luas hingga ke masyarakat pulau lainnya.
3.    Terkait penetapan pemerintah.
Dalam hal ini, letak perusahaan ditetapkan oleh pemerintah atas dasar pertimbangan keamanan, politik, kesehatan, dan sebagainya. Contohnya perusahaan bahan kimia yang berbahaya. Perusahaan tersebut ditentukan lokasinya yang agak terisolir dari masyarakat sekitar sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak diharapkan, dampaknya dapat ditekan serendah mungkin.
4.    Terkait faktor-faktor ekonomi.
Faktor- faktor ekonomi yang mempengaruhi letak perusahaan yang bersifat industry adalah ketersediaan bahan mentah, ketersediaan tenaga air, ketersediaan tenaga kerja, ketersediaan modal, kemudahan transportasi, serta kedekatan pasar dan kesesuaian iklim.

3.    Perusahaan dan lembaga sosial.
a.    Tujuan pendirian perusahaan.
      1. Tujuan ekonomis.
           Berkenaan dengan upaya perusahaan untuk mempertahankan ekstensinya.
         Contoh : menciptakan laba, keinginan konsumen, kualitas, harga, kuantitas, dll
-                 2. Tujuan sosial.
            Dengan memperhatikan keinginan investor, penyedia, karyawan, faktor-faktor                   produksi, dan masyarakat luas.

b.    Perusahaan sebagai suatu sistem
       System adalah suatu kesatuan dari unit-unit yang saling berinteraksi baik secara langsung maupun tidak langsungdalam rangka mencapai tujuan tertentu. Perusahaan adalah suatu system karena merupakan kombinasi dari berbagai sumber ekonomi yang secara langsung atau tidak langsung mempengaruhi proses produksi serta distribusi barang dan jasa untuk mencapai tertentu antara lain keuntungan, pemenuhan kebutuhan masyarakat,maupun tanggung jawab social. Jadi, Perusahaan sebagai suatu sistem merupakan satu kesatuan dari unit-unit yang saling berinteraksi ,baik secara langsung ataupun tidak.

c.    Sistem perusahaan.
-                   v  Kompleks
Secara keseluruhan, unit-unit perusahaan akan saling bekerjasama dan saling mempengaruhi untuk mancapai suatu tujuan perusahaan. Seperti untuk melaksanakan aktivitas produksi, perusahaan harus berhubungan dengan pemasok bahan baku, tenaga kerja, lembaga keuangan, dll.
  v  Sebagai satu kesatuan/unit.
Proses kegiatan yang dijalankan suatu perusahaan tidak memungkinkan mereka untuk berjalan sendiri-sendiri , melainkan untuk satu tujuan, yaitu untuk memperoleh laba semaksimal mungkin. Dengan kata lain, seluruh kegiatan perusahaan merupakan suatu kesatuan.
  v  Sifatnya beragam.
Dalam realita, pasti suatu perusahaan dalam menjalankan operasinya berbda dengan perusahaan lainnya. Tidak perusahaan yang sama persis baik dari segi skala usaha , bentuk, maupun jenis usahanya.
  v  Saling tergantung.
Suatu perusahaan umumnya tergantung dengan perusahaan lainnya, seperti kepada perusahaan pemasok bahan bakunya. Ketergantungan tidak hanya terjadi dalam satu bidang saja, tetapi bisa antara bidang yang berbeda. Contohnya bidang produksi dengan bidang pengepakan, bidang produksi dengan bidang bahan baku.
  v  Sifatnya dinamis.
Dinamis disini artinya perusahaan mampu mempertahankan ekstensinya di masa yang akan dating. Perusahaan harus mampu mempertahankan diri dari tekanan dan perubahan kekuatan dari luar perusahaan maupun dari perusahaan itu sendiri.


d.     Fungsi-fungsi perusahaan.
-          Fungsi operasi.
Sebagai pembelian dan produksi, pemasaran, keuangan, personalia, fungsi operasi utama perusahaan, akuntansi, administrasi, teknologi informasi, transformasidan komunikasi, pelayanan umum dan uu, fungsi operasi penunjang.
-          Fungsi manajemen.
Sebagai perencanaan, pengorganisasian, pengarah, pengendalian.

e.    Ciri-ciri perusahaan.
Berikut adalah ciri-ciri umum perusahaan :
-          Operatif.
Adanya aktivitas ekonomi yang berkenaan dengan kegiatan produksi, penyedia / distribusi barang dan jasa.
-          Koordinatif.
Diperlukan koordinasi semua pihak agar saling mendukung satu sama lain untuk mencapai tujuan.
-          Regular.
Untuk mencapai kesinambungan perusahaan diperlukan keteraturan yang dapat mendukung aktivitas agar dapat selalu bergerak maju.
-          Dinamis.
Lingkungan selalu berubah oleh karena itu mampu mengikuti dan menyesuaikan diri terhadap perubahan.
-          Formal.
Tunduk kepada peraturan yang berlaku setelah memenuhi persyaratan pendirian,
-          Lokasi.
Perusahaan didirikan pada suatu tempat tertentu dalam suatu kawasan yang secara geografis jelas.
-          Pelayanan Bersyarat.
Keberhasilan perusahaan tersebut terhadap visi dan misi dalam suatu kawasan yang secara geografis jelas.

4.    Berbagai macam lingkungan perusahaan dan pengaruhnya terhadap perusahaan.
       Jenis-jenis lingkungan perusahaan :
1.    Lingkungan eksternal : berpengaruh tidak langsung terhadap perusahaan.
a.    Lingkungan eksternal makro : berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha. Seperti keadaan alam, politik dan hukum, social budaya, perekonomian, pendidikan dan kebudayaan, dan hubungan internasional.
b.    Lingkungan eksternal mikro :  berpengaruh langsung terhadap kegiatan usaha.
Seperti pemasok/supplier yang menunjang kelangsungan operasi perusahaan, perantara seperti distributor, teknologi dan pasar.
2.    Lingkungan internal :  faktor-faktor yang berada dalam kegiatan produksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi. Contohnya tenaga kerja, peralatan dan mesin, permodalan, sistem informasi, dan bahan mentah/bahan baku.

5.    Pendekatan dalam melihat bisnis dan lingkungan.
      Lingkungan (environment) dapat diartikan keseluruhan unsur-unsur yang dapat saling berhubungan dan saling mempengaruhi terhadap suatu keadaan dan kegiatan tertentu.Lingkungan terdiri dari unsur fisik dan nonfisik.  Sedangkan bisnis terdiri atas seluruh aktivitas dan usaha untuk mencari keuntungan dengan menyediakan barang dan jasa yang dibutuhkan bagi sistem perekonomian.
      Lingkungan bisnis adalah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi secara langsung maupun tidak langsung  terhadap manajemen organisasi atau aktifitas usaha.




DAFTAR PUSTAKA

M. Fuad, Chrisine H, Nurlela, Sugiarto, Paulus YEF. 2000. Pengantar Bisnis. Jakarta : Penerbit Gramedia pustaka


https://sites.google.com/site/lingkunganperusahaan/

Nama : Annisa lestari
NPM : 29213699
Kelas : 1EB08

Tidak ada komentar:

Posting Komentar