Selasa, 26 November 2013

Bab 4 Kewiraswastaan dan Perusahaan Kecil

1.    Kewiraswastaan, wiraswasta, dan wiraswastawan.
Wiraswastawan adalah seseorang yang dapat membuka lapangan kerjanya sendiri, pandai dan berbakat dalam mengenali suatu produk baru, memnentukan cara produksi baru, menyusun operasinya dan memsarkannya.
Dalam wiraswasta tercakup beberapa unsur penting yang satu sama lainnya saling terkait. Unsur-unsur tersebut adalah unsur pengetahuan, unsur keterampilan, unsur sikap mental, dan unsur kewaspadaan.
Unsur –unsur penting dalam wiraswasta :
-        Kemampuan untuk menyatukan faktor-faktor produksi secara efektif dan efisien.
-        Kemampuan untuk bersaing dengan pihak lain.
-        Kemampuan dalam menciptakn, membuka, mencari dan menggunakan peluang  usaha.
-        Kemampuan untuk menimalkan resiko dan mengambil suatu keputusan.

2.    Perusahaan kecil dalam lingkungan perusahaan.
Cara memasuki perusahaan kecil :
-     Meneruskan perusahaan orang tua atau kerabat lainnya.
-     Menciptakan suatu perusahaan kecil yang baru.
-     Memulai untuk berbisnis kecil meskipun laba yang didapatkan baru sedikit.

3.    Perkembangan franchising di Indonesia.
Kiat- kiat memiliki usaha dengan cara waralaba :
Pembeli hak lisensi (franchising/waralaba) dapat merupakan suatu keuntungan tersendiri karena adanya kerjasama antara si pembeli hak lisensi (franchisee) dengan pihak yang lisensinya dibeli. Franchise memberikan seluruh hak, mulai dari trade mark, penjualan, peralatan, metode operasi, strategi pemasaran, dan lain-lain.
1.    Menentukan perusahaan waralaba tempat kita bermitra.
2.    Pelajari estimasi keuangan yang disodorkan pada penawaran yang jeli.
3.    Pastikan nama brand yang ditawarkan tidak dalam sengketa atau bermasalah dengan pihak lain.
4.    Kenali keridibilitas dari pemilik brand waralaba tersebut dengan cara seberapa banyak masyarakat yang mengenalnya.
-- Jenis-jenis usaha yang potensial untuk ditawarkan :
Jenis-jenis usaha yang potensial untuk diwaralabakan sekarang ini banyak ke bagian makanan dan minuman. Karena kebutuhan masyrakat akan pangan pasti wajib untuk dipenuhi. Maka dari itu, banyak para waralaba mengambil jenis-jenis usaha dalam bidang makanan/minuman karena lebih menguntungkan.
4.    Ciri-ciri perusahaan kecil.
          Kekuatan perusahaan kecil :
-          Tidak banyak membutuhkan modal.
-          Memiliki kemampuan untuk bertahan.
-          Cepat dan tanggap dalam mengambil keputusan.
-          Lebih focus kepada konsumen.
-          Dapat menggerakan ekonomi masyarakat dengan membuka lapangan pekerjaan baru.
-          Memliki kebebasan dalam mengatur strategi usahanya.
Kelemahan perusahaan kecil ;
-          Banyak tantangan yang dihadapi karena harus bersaing dengan usaha kecil lainnya dan perusahaan besar.
-          Kurangnya tenaga ahli kerena kurang mampu membayar.
-          Sempitnya waktu dalam memenuhi kebutuhan.
          Keuntungan perusahaan kecil :
-          Bisa menwarkan produk dan jasa yang lebih.
-          Bisa menawarkan lebih dari yang konsumen cari.
Cara- cara mengembangkan usaha kecil :
-          Merencanakan strategi dengan baik.
-          Mulai dengan biaya yang minimum.
-          Ciptakan selalu produk terbaru dan inovatif untuk menarik konsumen.
-          Pastikan bahwa usaha kecil yang anda miliki sudah terdaftar dalam perpajakan.
- Kegagalan-kegagalan usaha kecil :
Dalam berusaha, pasti ada manis dan pahitnya. Tidak semua orang yang berusaha akan selalu sukses karena banyak tantangan harus dihadapi. Kemungkinan kegagalan yang dapat dihadapi adalah tidak lakunya suatu produk yang kita pasarkan atau kita jual di masyarakat. Dengan begitu, usaha tersebut akan mendapat kerugian yang cukup besar sehingga tidak bisa memproduksi produk tersebut kembali.
5.    Perbedaan kewirausahaan dan bisnis kecil.
Kewirausahaan (entrepreneur) adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha dicirikan dengan pandai atau berbakat dalam mengenali produk baru, menentukan cara produksi, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya. Sedangkan bisnis kecil sangat tergantung pada lingkungan pasar dan mereka mementingkan untuk memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya.

DAFTAR PUSTAKA

Nama : Annisa Lestari
NPM : 29213699
Kelas : 1EB08

Tidak ada komentar:

Posting Komentar